Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mendunia

Tana Toraja
Photo by : blog.gogonesia.com



Indonesia  dikenal dunia melalui asset sumber daya alam berupa keindahan dan potensi alamnya. Dengan manajemen yang baik dari pemerintah masing-masing daerah, maka sumber daya alam yang semula hanya potensi alam biasa berubah menjadi tempat wisata Indonesia yang mendunia dan dikenal hingga mancanegara.

Formologi  Alam Indonesia

                Indonesia yang merupakan Negara kepulauan dengan dua pertiga bagian Negara terdiri dari air berupa laut, selat, danau maupun sungai-sungainya. Sementara itu,sepertiga sisanya adalah daratan berupa pulau serta kepulauan.

Indonesia  dikenal  sebagai surga parawisatawan manca negara, terkhusus  wisatawan yang berasal dari bukan daerah tropis. Indonesia juga dikenal iklim tropisnya dan ombaknya yang tinggi yang diburu para surfer dari berbagai belahan dunia yang ingin surfing di sepanjang pantai Indonesia. 

Beberapa tempat wisata Indonesia yang mendunia tersebar di berbagai pelosok Indonesia, dari Indonesia bagian barat hingga bagian timur selalu ada tempat indah yang menjadi tujuan wisata. Keunggulan view tempat-tempat wisata tersebut tidak kalah eksotis dibandingkan dengan berbagai tempat wisata terkenal di luar negeri.

                Indonesia memiliki berbagai tempat wisata Indonesia yang mendunia yang cukup komplit dan beragam, dari tempat wisata air, wisata edukasi dan sejarah, wisata religi, wisata cagar alam, serta wisata alam yang super panorama. #TempatWisata alam Indonesia terdiri dari wisata danau, wisata gunung, dan wisata laut.

                Beberapa ikon wisata Indonesia yang cukup mendunia seperti Danau Situ Patenggang di Lembang, Kepulauan Raja Ampat di perairan Papua, Taman Komodo di Pulau Komodo - Nusa Tenggara Barat hingga Danau Toba dan Pulau Samosir di Sumatera Utara.

Sebagai Negara kepulauan dengan kekayaan alam melimpah berupa poten silaut, hutan, gunung serta danau, Indonesia dikelola dengan manajemen yang baik hingga kelebihannya makin terlihat dan menjadi tempat tujuan wisata alam.

Wisata alam Indonesia  yang terbentang dari Sabang sampai Merauke tersebar merata hampir di semua pulau-pulau besar Indonesia serta pulau-pulau kecilnya.Hal ini telah dibuktikan dari banyaknya pelancong maupun wisatawan baik domestik dan mancanegara yang berkunjung langsung keseluruh tempat wisata Indonesia yang mendunia, sebagai contoh adalah Festival Lembah Baliem.

Ikon Wisata Indonesia

Tebing Keraton Bandung

                Tebing Keraton sebenarnya memiliki nama Tebing Karaton, namun karena pengaruh pengucapan yang berbeda-beda pada tiap orang sehingga lebih dikenal dengan nama Tebing Keraton. Bahkan apabila dikaitkan dengan bentuk tebingnya yang menjorok kearah jurang yang rendah, maka dulunya sering disebut sebagai Tebing Jontor. Dan mulai 2014, diganti denganTebing Karaton oleh penemu lokasi ini.

                Lokasi:Tebing Keraton terletak di Kabupaten Bandung yang didominasi bentangan alam pegunungan. Tinggi lokasi Tebing Keraton sekitar 1.200 meter diatas permukaan laut (dpl) membuat daerah di bawah tebing bagaikan hamparan karpet hijau yang begitu luas, datar dan indah.

                Keterangan: Tingginya tebing menguntungkan pengunjung yang tengah berburu matahari terbit (sunrise), serta keindahan matahari terbenam (sunset) saat senja. Berada di atas ketinggian tebing inilah angel terbaik untukmengambil beberapa foto cantik. 

Bahkan Anda yang menginginkan berfoto prewedding yang romantis natural, bisa berdiri di atas sebongkah batu besar di atas tebing yang di bawahnya terhampar panorama hijau menyegarkan. Setara dengan keindahan view Sabang Hill.

                Rute: Bagi Cara termudah mencapainya adalah melalui Tol Pasteur, dan hanya 60 menit perjalanan sudah mencapai Tebing Keraton ini. Anda dapat mencapai Tebing Keraton     melalui rute termudah dari Stasiun Bandung.  

Anda teruskan perjalanan sampai ke Jl. Ir. H. Djuanda, dari situ lanjutkan perjalanan kearah ITB.  Anda akan melewati Jalan Layang Pasopati dan sampai ke Terminal Dago, lalu lurus saja sampai bertemu dengan jalan bercabang dua.

Ambillah jalur kanan menuju Bukit Dago Pakar. Selanjutnya ikuti jalur ke Bukit Dago Pakar hingga bertemu SimpangTiga, dan ambil jalan kiri menuju Taman Hutan Raya Djuanda (TahuraDjuanda). Kalau lelah, Anda bisa mampir sejenak ke warung bandrek sebelumlanjut ketebing.

                Tarif: Satu-satunya biaya yang dikeluarkan apabila memakai kendaraan adalah hanyaRp 10.000,-/mobildanRp 5.000,-/motor untuk biaya parkir, serta tiket masuk sebesa rRp 11.000,-/orang. Jam kunjung keTebing Keraton ini pun dibatasi hanya dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore.
Pantai Balangan – Uluwatu, Bali.

Keterangan:  Salah satu pantai cantik yang terkenal di kalangan para surfer adalah Pantai Balangan. Pantai ni sangat cocok untuk lakukan kegiatan surfing ini berada deka tdengan kawsan pantai di Uluwatu. Keunikan Pantai Balangan adalah pasir-pasirnya yang berwarna putih cantik.

Lokasi:  pantai berada 8 Km dari Garuda Wisnu Kencana dan 12 Km dari Pura Uluwatu dan sekitar 21 Km bila dating darikota Denpasar. Menemukan Pantai Balangan sangat mudah. Anda hanya tinggal mengambil jalan ke kanan melalui Jalan Pantai Balangan I sampai ke ujung jalan dan ikuti terus petunjuknya.

                Tarif: Tarif masuk hanya Rp 2.000,-untuk kendaraan bermotor, serta Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat yang akan masuk dan parkir di sekitarnya.

                Keunggulan pantai ini adalah pasir putihnya yang cantik, sepanjang hampir setengah kilometer. Lokasi pantai begitu unik karena diapit oleh dua karang tinggi yang cantik. Belum lagi pemandangannya yang eksotis. Yang paling sensasional adalah bahwa lokasi pantainya yang tersembunyi dari keramaian. Dan pada bulan-bulan tertentu ombaknya sangat bagus untuk melakukan surfing dengan karakter ombak yang tinggi dan rapat.

                Bagi para pecinta surfing, ada bulan-bulan bagus untuk melakukan surfing di Pantai Balangan. Hal ini karena ombaknya sangat tinggi dan inilah jenis ombak yang diinginkan para surfer. Pantai Balangan juga sering sekal imenjad itempat ajang kompetisi surfing tingkat dunia.
Tana Toraja.

Itinerary:  Tana Toraja merupakan salah satu lokasi di provinsi Sulawesi Selatan dekat dengan kota Makassar. Bila ingin berkunjung ke #TanaToraja Anda dapat merencanakan dengan mengikuti program itinerary 3 hari 2 malam misalnya.

Dengan itinerary 3 hari 2 malam tersebut, Anda bisa menikmati perjalanan ke Rantepao, Buttu Kabobong, dan Gunung Bambapuang, kemudian keToraja Utara untuk menyaksikan deretan rumah adat Tongkonan, serta kuburan batu khasToraja di Lokomata dan Kalimbuang Bori.

Pada hari ketiga kalau beruntung Anda masih dapat mengunjungi Toraja Selatan, ke lokasi-lokasi wisata seperti Lemo, Suaya, Tampang Allo, Gua Londa dan Kete Kesu. Seperti di Toraja Utara, maka di Toraja Selatan juga lebih banyak wisata religi berupa kuburan-kuburan batu, kuburan goa maupun kuburan gantung yang sebagian terbentuk secara alami berupa ceruk-ceruk yang terdapat dalam goa yang dijadikan kuburan bagi orang Toraja asli.

                Itulah beberapa tempat wisata Indonesia yang mendunia dan telah dikenal oleh seluruh wistawan dalam dan luar negeri. Meski rata-rata berada di pelosok Indonesia, namun beberapa tempat wisata tersebut sangat terkenal di luar negeri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mendunia"

Post a Comment