Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H Di Masjid Istiqlal Jakarta

Sejak awal ramadhan saya sudah merencanakan untuk sholat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H di Masjid Istiqlal yang terletak di Jakarta Pusat, yang diperkirakan jatuh pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2018. Agar perjalanan ke masjid lebih dekat makan saya memutuskan untuk bermalam di Hotel yang jaraknya tidak jauh dari masjid. Pada hari Kamis tangga 14 Juni 2018, saya chech in di Hotel Cordola di Jl. Kramat Raya Jakarta Pusat, berjarak kurang lebih setengah kilometer dari masjid Istiqlal.
Bercermin dari pengalaman enam tahun lalu, dimana keberangkan ke masjid tergolong kesiangan, maka kali ini saya berangkat lebih awal. Sebelum waktu sholat shubuh masuk saya meluncur ke masjid. Beruntung dapat parkir di dekat pintu masuk masjid, walaupun di jalan raya, sehingga tidak jauh untuk masuk ke gedung masjid. Alhamduillah dapat tempat sholat sesuai yang diharapkan, sehingga dapat sholat shubuh berajmaah dengan aman dan nyaman. Sambil menunggu pelaksanaan sholat Idul Fitri, saya mengambil foto, baik dari dalam masjid dan di luar masjid. Di dalam masjid masih banyak jamaah dating untuk melakukan sholat sendiri-sendiri. Spot-spot di dalam masjid, yang menurut saya menarik saya ambil gambarnya. Suasana di luar masjid semakin ramai masyarakt berdatangan yang khusus ingin sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Layaknya seorang wartawan, saya mewancarai orang-orang yang saya temui. Ada yang datang dari Pekanbaru, Medan, Lampung, Semarang dan Surabaya. Bahkan orang Surabaya ini datang sehari sebelumnya dan menginap di Masjid. Dia naik kereta api dari Surabaya dan turun di stasiun Gambir yang letaknya tidak jauh dari Masjid Istiqlal.
Perlu juga saya sampaikan bahwa yang sholat IdulFitri kali ini yang bertindak sebagai chotib adalah Ustadz Abdullah Gymnastiar, yang biasa dipanggil Aa’ Gym. Dan apabila Anda lupa membawa kopyah atau songkok, tidak usah khawatir. Diluar masjid maupun di dalam masjid dekat tempat berwudlu ada yang berjualan songkok dan tasbih. Bila masih punya waktu, usai sholat sunnah, Anda bisa berkeliling Jakarta dengan menggunakan bis wisata tingkat berbagai jurusan dan gratis. Dari dalam bis Anda bisa memanjakan mata dengan melihat gedung-gedung bertingkat milik pemerintah dan swasta, istana Kepresidenan, Monumen Nasional (Monas), Museum Nasional, Gedung Sarinah, Gedung Bank Indonesia, Patung Kuda Arjuna Wijaya, Kota Tua dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan dihari lain, Anda bisa berkunjung ke Masjid Istiqlal untuk sholat wajib dan sunnah, sekaligus mengunjungi tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H Di Masjid Istiqlal Jakarta"

Post a Comment