Wisata Di Banjir Kanal Timur Jakarta Timur

Untuk mengatasi banjir di Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Istimewa Jakarta merevitalisasi sungai-sungai yang ada di Jakarta, dimana orang awan menyebutnya dengan #BanjirKanalTimur atau BKT. Padahal sebuah laman menyebut Kanal Banjir Timur atau KBT.

Seperti yang dilansir laman, id.wikipedia.org, Kanal Banjir Timur direncanakan untuk menampung aliran Kali Ciliwung, Kali Cililitan, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan Kali Cakung.

Daerah tangkapan air (catchment area) mencakup luas lebih kurang 207 kilometer persegi atau sekitar 20.700 hektare. Rencana pembangunan KBT tercantum dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 1999 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2010 Provinsi DKI Jakarta.
Saat ini KBT telah selesai dikerjakan, KBT direncanakan untuk mengatasi banjir di wilayah Timur Jakarta dengan cara menampung aliran Kali Ciliwung, Kali Cililitan, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan Kali Cakung. Namun, pada kenyataannya banjir tetap terjadi dan fungsi KBT sebagai penampung aliran sungai dari sekitar 7 sungai belum berfungsi secara optimal.
Sejajar dengan saluran Banjir Kanal Timur dibangun jalur sepeda, dimana pada akhir pekan dan hari-hari libur nasional banyak dikunjungi warga dengan berbagai aktivitas. Ada berolaharaga, ada yang memadu kasih, ada yang menghibur anak-anaknya.

Sehingga wilayah yang sudah banyak ditumbuhi berbagai macam pohon ini sebagian menjadi rindang, dan menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat, khususnya warga Jakarta Timur dan Bekasi. Untuk menghibur anak-anak bisa dinaikkan Odong-odong, Kereta Kelinci, Kuda tanpa bendi, Kereta Kuda. Warga juga dihibur dengan kesenian khas Betawi yaitu Ondel-ondel. Tidak ketinggalan para pengamen.
Bagi yang hobi kuliner, banyak pilihan yang bisa dinikmati. Ada yang jual kerak telor, soto ayam, sosis bakar, lontong sayur, aneka kerupuk dan kerupik, jamu, susu kedelai. Sesuatu yang tidak diperkirakan, ada juga yang jual zuppa soup, makanan yang biasanya dihidangkan di resepsi-resepsi pernikahan atau sebagian dari restoran-restoran yang ada mall.

Yang tidak kalah menarik atau mengherankan ada juga yang berjualan sayur mayur. Dengan demikian, wilayah Kanal Banjir Timur menjadi salah sata tujuan pariwisata di Jakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Di Banjir Kanal Timur Jakarta Timur"

Post a Comment