Benteng Pendem Tempat Wisata Bersejarah

Benteng Pendem Tempat Wisata Bersejarah

Tempat Wisata Bersejarah Di Indonesia - Perlu sobat Aksi ketahui bahwa ada banyak bangunan peninggalan Belanda di Indonesia yang masih berdiri kokoh. Yang mana dari sekian banyak bangunan peninggalan belanda tersebut telah beralih fungsi atau di gunakan sebagai tempat-tempat tertentu seperti museum, Tempat Wisata Bersejarah , Rumah sakit dan lain sebagainya. Salah satu peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh adalah Benteng Pendem yang berlokasi di daerah Cilacap.

Benteng Pendem  peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap,Jawa Tengah yang dibangun pada tahun1861. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektare secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun1861hingga1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun1986. Saat ini, pemerintah Kabupaten Cilacap menjadikan benteng ini sebagai tempat wisata sejarah.

Artikel Lain: Teluk Penyu Tempat Wisata Di Cilacap Yang Perlu Anda Kunjungi

Setelah benteng pendem ini di resmikan sebagai tempat atau obyek wisata, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.Selain dapat melihat-lihat di sana kita juga jadi tahu tempat penjara yang di gunakan untuk mengurung para pejuang Indonesia di masa penjajahan Belanda. Ruang penjaranya benar-benar sempit banget sobat aksi, yang mana satu tempat itu hanya isi satu orang dan itupun orang yang di penjara hanya bisa duduk saja, benar-benar kejam yah sobat aksi??"

Sejarah Benteng Pendem... 

Benteng Pendem dahulunya merupakan markas pertahanan tentara Belanda diCilacap,Jawa Tengah yang didesain oleh arsitek Belanda. Benteng ini difungsikan untuk menahan serangan yang datang dari arah laut bersama dengan Benteng Karang Bolong,Benteng Klingker, dan Benteng Cepiring. Benteng Pendem digunakan hingga tahun1942.

Ketika perang melawan pasukan Jepang, benteng ini berhasil dikuasai Jepang. Tahun1945, Jepang meninggalkan benteng ini karena kota Hiroshimadan Nagasaki dibom oleh sekutu; sehingga benteng ini diambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah. Dalam penguasaan TNI, benteng ini digunakan para pejuang kemerdekaan berlatih perang dan pendaratan laut.

Ruangan Yang Terdapat Di Benteng Pendem Cilacap...

Benteng Pendem merupakan bangunan benteng pendem terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh hingga kini. Namun, sejak awal ditemukan, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya diketahui. Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru. Ada pula yang menyatakan bahwa dalam benteng tersebut terdapat terowongan menuju benteng-benteng lain dan sejumlah gua dipulau Nusakambangan. Namun, hingga kini hal itu belum sepenuhnya terbukti.

Apakah di antara sobat aksi yang hadir di sini pernah ke Tempat Wisata Benteng Pendem Di Cilacap Ini???" Yang sudah, ceritain sedikit dong, apa kesan sobat aksi sewaktu mengunjungi tempat wisata Benteng Pendem. Jadi,sobat aksi yang lain juga tahu atau bisa menggambarkan tempat wisata tersebut, walapun belum pernah sama sekali datang ke obyek wisata tersebut.

Salam Aksi...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benteng Pendem Tempat Wisata Bersejarah "

Post a Comment